loading...

Sunday, July 18, 2010

Perancangan aplikasi cash register menggunakan Visual Foxpro

Seperti yang kita lihat pada kehidupan sehari-hari, bahwa kebayakan proses jual-beli yang dilakukan di toko-toko seperti supermarket, swalayan ataupun agen-agen sembako dan lainnya, masih saja dilakukan dengan cara-cara kuno sehingga seringkali terjadi kesalahan terutama dalam hal keuangan. Untuk itu diperlukan cara baru yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini meliputi : 1. Studi Literatur sebagai pedoman dasar kegiatan penelitian dan langkah-langkah kerja yang bersumber pada reverensi-reverensi. 2. Observasi dilakukan dengan melakukan studi perbandingan antara aplikasi Cash Register di toko yang satu dengan toko lainnya.

Dalam tugas akhir ini telah berhasil dibuat sebuah aplikasi komputer yang dapat digunakan dalam melakukan transaksi jual-beli yang bersifat cash atau tunai. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang Cash Register. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual FoxPro 9.0 dan dapat diimplementasikan dengan baik dengan Sistem Operasi Microsoft Windows. Pada pengujian program digunakan teknik Basis Path System pada metode White Box yang menggunakan rumus V(G) = E ? N + 2 dimana V(G) adalah jumlah Region pada flowgraph, E adalah jumlah Edge, dan N adalah jumlah Node pada flowgraph. Hasil pengujian kali ini untuk flowgraph data barang didapat 3 Region, untuk flowgraph droping didapat 5 region, dan untuk flowgraph penjualan didapat 4 region. Yang mana region inilah yang menentukan alur program pertransaksi. DownLoad Here
Share:

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog